in ,

Horizon: Forbidden West, Kembali ke Masa Depan

Horizon Forbidden West Cover

Pada tahun 2017 lalu studio first party Sony, Guerilla Studios merilis salah satu game paling populer mereka, Horizon: Zero Dawn. Game yang menceritakan seorang anak yatim piatu 1000 tahun setelah bumi hancur karena peperangan melawan mesin pembunuh.

Akhir game sebelumnya membuat penggemar mengandai-andai apa kelanjutan dari Aloy, protagonis dalam game Horizon: Zero Dawn. Setelah menyelamatkan dunia, masih ada ancaman lain yang bisa menghancurkan bumi.

Lalu, bagaimanakah game AAA awal tahun untuk eksklusif konsol PS ini? Apakah sesuai dengan ekspektasi penggemar dan bisa mengalahkan popularitas dari game sebelumnya. Berikut review Horizon: Forbidden West versi Dingo.

Cerita

Horizon Forbidden West Desert

Cerita Horizon: Forbidden West melanjutkan cerita dari Zero Dawn, dimulai beberapa bulan setelah boss fight terakhir di game sebelumnya. Aloy dalam pertualangan barunya mencari sebuah AI bernama GAIA. AI ini mampu untuk menyelamatkan dunia beserta seisinya.

Di serial Horizon, cerita bisa dianggap cukup standar. Bertemakan pelestarian alam dan anti-perang. Pesan moral yang disajikan dalam serial Horizon juga bisa ditemukan di banyak game lainnya.

Forbidden West dapat dibedakan dari banyak game AAA lainnya adalah pembawaannya dan dalam menggambarkan manusia. Perjuangan mereka untuk hidup, dikelilingi robot-robot raksasa, banyak diantaranya yang ingin membunuh manusia.

Latar belakang bumi yang sudah hancur dan ketika di permukaan terdapat banyak tumbuh-tumbuhan dan robot-robot raksasa. Perlahan, bumi kembali dipenuhi dengan kehidupan, namun tentu saja ada intervensi dari manusia.

Manusia harus membangun kembali peradaban dari nol, makanan dan minuman mereka bisa dapatkan dari hewan liar dan tumbuh-tumbuhan. Lalu, bangunan, pakaian, dan senjata mereka buat dari bagian robot yang mereka bunuh.

Baca juga:  6 Rekomendasi Casual Game Mengemaskan untuk Smartphone

Horizon menempatkan pemain dari sudut pandang seorang manusia purba yang harus melawan robot di masa depan. Gabungan beberapa genre yang sangat populer, Horizon menciptakan formula yang cukup unik dan menarik untuk dinikmati.

Gameplay

Horizon Forbidden West Environment

Gameplay Horizon memiliki daya tarik yang cukup unik. Pemain pada awal game hanya dibekali tombak dan sebuah busur. Maka pemain harus menggunakan alam disekitarnya untuk membantu memburu musuh.

Anak panah pemain bisa buat dari bagian-bagian robot yang dibunuh dan dari tanaman yang bisa diambil dari alam. Obat juga bisa diambil dari alam, lalu Aloy bisa membuatnya selagi sedang bertualang.

Robot yang ada dalam game juga tidak sedikit, banyak dari mereka memiliki elemen tertentu sehingga menantang cara pemain memburu. Beberapa juga bisa terbang, maka pemain harus kreatif jika ingin memburu mereka.

Horizon sering dimirip-miripkan dengan game seperti Monster Hunter, ada kelemahan terhadap elemen tertentu, dan ada cara khusus untuk melawannya. Pemain juga harus mencari material untuk membuat, membeli, dan upgrade senjata dan armor.

Tingkat Kesulitan

Forbidden West pada dasarnya bukan game yang terlalu sulit. Game ini memiliki difficulty scaling yang sangat menarik dan jarang ditemukan di game lain. Metode berburu pemain bisa merubah kemampuan dan pertahanan robot.

Penulis ketika berburu robot tertentu seringkali mengeksploitasi satu kelemahan. Ini ditemukan di robot jenis “Charger”, robot-robot ini memiliki sebuah kanister di bagian ekor mereka yang bisa meledak jika ditembak dengan panah api.

Ketika ke sarang Charger lainnya setelah membunuh banyak robot yang sama, penulis menemukan kanister di ekor mereka sekarang memiliki pelindung. Untuk mengeksploitasi kelemahan tersebut, pemain harus menghancurkan pelindung terlebih dahulu.

Setiap robot memiliki beberapa kelemahan, beberapa diantaranya bisa membuat efek rantai ke bagian tubuh lain. Efek rantai ini juga bisa mengakibatkan damage jika target dekat dengan robot-robot lain.

Baca juga:  Genshin Impact Update 2.2: Apa Saja Yang Baru?

Kanister yang ditembak bisa meledak dan memberikan efek yang sama seperti isi dari kanister tersebut, maka api akan membakar, es akan membekukan, dan lain-lain.

Grafik

Horizon Forbidden West Fight

Grafik mungkin bukan prioritas utama ketika memainkan game Horizon: Forbidden West, tapi game ini memiliki grafik next-gen yang luar biasa. Namun sayang tingkat grafik ini hanya bisa ditemukan di PS5, walaupun di PS4 tidak lebih baik.

Yang sangat mengagumkan adalah faktanya gambar dalam game jika dimainkan di PS5 lebih bagus daripada dalam presentasi Sony dalam State of Play mereka. Seperti yang sering dilakukan oleh perusahaan game adalah merubah tingkatan grafik game ketika presentasi dan rilis.

Warna dalam game pada rilis tidak terlalu blur dan tidak terlihat seperti diberikan filter. Memberikan kesan yang lebih lembut dan cukup imersif, terutama dengan berbeda-bedanya bioma dalam game.

Tekstur wajah karakter sangat terlihat bagus ketika sedang berbicara. Kerutan wajah dan pori-pori karakter bisa terlihat jelas di konsol PS5. Tingkat grafik ini sayang sekali membutuhkan waktu untuk dirender di PS4, dan memakan waktu sedikit lama jika dibandingkan dengan PS5.

Perbedaan Dari Horizon: Zero Dawn

Game sekuel pasti akan dibandingkan dengan game-game sebelumnya, Horizon: Forbidden West juga tidak akan lepas dari pertimbangan ini. Lalu apa saja yang membedakan Forbidden West dengan Zero Dawn.

Hal terbaru yang pemain bisa temukan adalah skill tree yang lebih banyak. Ada beberapa pilihan baru yang pemain bisa coba, namun ada beberapa skill yang esensial.

Skill tree Hunter dan Infiltrator akan membantu pemain ketika memanah dan bersembunyi. Lainnya seperti Warrior bisa membantu pemain bertarung jarak dekat, Trapper untuk membuat perangkap, dst.

Baca juga:  Review Among Trees: Berjuang Hidup di Keindahan Belantara

Mekanik baru dalam Forbidden West, yaitu adalah skills, weapon stamina, dan valor. Aloy kini bisa menggunakan beberapa skill aktif yang akan sangat membantu ketika berburu.

Diantara skill aktif ini adalah kemampuan untuk kamuflase dan meningkatkan damage panah. Dalam kamuflase, musuh tidak akan langsung menyerang Aloy jika mendekat. Jika Aloy menyerang, maka damage akan menjadi beberapa kali lipat.

Untuk mengaktifkan skill, pemain pertama-tama harus mendapatkan valor. Poin valor bisa didapatkan ketika membunuh musuh, atau terkena serangan dari musuh.

Weapon stamina dibutuhkan untuk menggunakan skill senjata, seperti memasang panah tambahan pada busur. Skill senjata lainnya seperti burst fire ketika menggunakan “Boltcaster”, memberikan kemampuan lebih ketika menghadapi musuh.

Yang berbeda dengan H:ZD, Aloy sekarang bisa mengupgrade equipmentnya agar mendapatkan efek yang lebih bagus. Pakaian atau senjata yang lebih langka akan memberikan efek yang lebih bagus dan bisa diupgrade jauh lebih tinggi dibandingkan yang tidak langka.

Konklusi

H:FW adalah game sekuel yang memiliki kualitas yang cukup tinggi, menyajikan banyak hal yang sama dari game sebelumnya. Tetapi, hal-hal lama ini diberikan bumbu baru sehingga akan memberikan kesan yang asing bagi pemain lama.

Pemain juga tidak perlu memainkan misi utama, jika ingin memburu setiap robot dahulu, dan mendapatkan equipment terbaik. Cara bermain seperti ini akan memberikan tantangan yang sangat berbeda jika hanya memainkan cerita utama.

Horizon: Forbidden West bisa menjadi kandidat game terbaik tahun 2022 dengan kualitas yang disajikan. Namun untuk rilis pada bulan Februari, peluang untuk game terbaik tahun ini masih cukup besar untuk game AAA lainnya.

Written by Roux

Leave a Reply

Soul-Hacker-2-Diumumkan-Oleh-ATLUS

Soul Hacker 2 Diumumkan ATLUS, Siap Hadir di PC dan Konsol

Orc Massage Cover

Orc Massage: Panti Pijat di Dunia Fantasi (18+)