in ,

Diablo Immortal: Strategi Bisnis yang Imoral

Diablo Immortal

Diablo Immortal adalah salah satu game terbaru buatan Activision Blizzard, sebuah perusahaan game raksasa asal negara Paman Sam. Perusahaan ini juga membuat Overwatch, serial Warcraft, dan tentu saja serial Diablo.

Beberapa tahun yang lalu, Diablo Immortal mendapatkan reputasi yang buruk ketika baru diumumkan. Sebuah penonton menanyakan apa pengembang sedang membuat lelucon untuk April Mop yang salah tanggal.

Sejak insiden itu, Diablo Immortal menjadi lelucon hingga meme. Dan belum lama ini, game garapan Activision Blizzard ini dirilis untuk smartphone, namun kini mendapatkan reputasi yang sangat buruk.

Sejarah Singkat

Diablo Immortal Barbarian

Activision Blizzard tidaklah jauh dari skandal selama beberapa tahun terakhir. Selain masalah dunia nyata yang melibatkan kesejahteraan karyawan mereka, pelecehan seksual. Begitu juga masalah yang menyangkut game-game mereka.

Skandal terakhir yang masih hangat di pikiran penggemar diantaranya adalah Warcraft 3 Reforged. Yang pada awalnya dipasarkan sebagai remaster dari game klasik Warcraft 3 Chaos Reigns dan Frozen Throne, nyatanya hanya dijual ulang pada pemain dengan sedikit perubahan.

Dalam Warcraft 3 Reforged, cutscene yang diperlihatkan saat E3 tidak muncul dalam game. Selain itu, game Warcraft 3 itu tidak berubah terlalu banyak, dengan asetnya kebanyakan dari game yang lama. Dan sebagai tambahan, bug yang bisa ditemukan dalam game lama juga bisa ditemukan dalam Reforged.

Gameplay

Lalu apa itu Diablo Immortal? Game ini bisa dianggap sebagai iterasi terbaru dari serial Diablo. Pemain bisa membuat karakter mereka saat memulai game dan profesinya. Seperti game Diablo lainnya, pemain akan meningkatkan level mereka, mencari equipment terbaik, dan melawan Diablo.

Baca juga:  Star Ocean : The Divine Force dan Para Tokoh Utama

Grafik

Diablo Immortal Spearwoman

Grafik game bisa dibilang sangat bagus, tidak begitu mengagetkan karena game ini dibuat oleh perusahaan game legendaris. Tampilan karakter sangatlah bagus, desain senjata juga terlihat menarik, begitu juga environment dimana pemain akan bertualang.

Secara kualitas, game ini bisa saja dibandingkan dengan game-game Diablo lainnya. Tapi tentu untuk dimainkan dalam smartphone, game ini akan memiliki tingkatan grafik yang tidak sebagus dalam PC ataupun konsol.

Farming

Farming dalam game ini bisa dikategorikan sulit. Pemain akan sulit mendapatkan equipment dengan kualitas yang tinggi. Jika dibandingkan dengan game gacha yang serupa, lebih mudah mendapatkan equipment yang bagus dalam game seperti Genshin Impact.

Tingkat Kesulitan

Seperti game Diablo sebelumnya, Diablo Immortal secara teknis tidak akan menjadi terlalu sulit jika pemain memiliki equipment yang memadai. Jika pemain merasa nekad, maka bisa saja mencoba melawan musuh dengan tingkat kesulitan yang tinggi menggunakan equipment yang biasa saja.

Karena game ini mayoritas online, maka tidak ada pilihan kesulitan yang bisa ditemukan dalam game single player. Tingkat kesulitan akan tergantung pada equipment yang digunakan oleh pemain.

Lalu apa masalahnya?

Diablo Immortal Fight

Segala sesuatu dalam game ini membutuhkan antara waktu yang sangat lama atau uang yang sangat banyak. Seperti game smartphone lainnya, pemain bisa saja memainkan untuk mendapatkan equipment yang mereka inginkan.

Namun, dalam Diablo Immortal, ini akan memakan waktu yang sangat lama. Untuk beberapa skenario, pemain bisa saja tidak mendapatkan equipment terbaik dalam game. Lalu untuk mempermudah proses ini, Activision Blizzard memberikan alternatif, yaitu membeli kesempatan mendapatkan equipment berkualitas tinggi.

Pemain tidak akan mendapatkan equipment yang mereka inginkan secara langsung, tapi kesempatan untuk mendapatkan equipment tersebut. Untuk mendapatkan seluruh gear dalam game akan membutuhkan uang yang sangat banyak.

Baca juga:  4 Rekomendasi Otoge Dating sim untuk Smartphone

Sebuah estimasi menilai bahwa seluruh gear bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang sebesar US$ 110.000. Jika dikonversikan ke dalam rupiah, maka uang jumlah uang yang perlu dikeluarkan pemain adalah sekitar IDR 1.600.000.000.

Konklusi

Karena praktik bisnis yang sangat meragukan, pemain lebih baik tidak memainkan Diablo Immortal. Tidak hanya membutuhkan grind yang akan memakan waktu sangat banyak, hasil yang pemain dapatkan tidak akan memuaskan.

Selain itu, Diablo Immortal akan terasa memaksa agar pemain membeli konten mereka yang harganya tidak sangat murah. Daripada membeli konten dari game yang sejatinya gratis, pemain lebih baik membeli game dari ritel online maupun offline.

Written by Roux

Leave a Reply

NFT Cover

Crypto and NFT Games: Bisnis, Judi, dan Permainan

Stray Cover

Stray: Simulasi Menjadi Kucing di Masa Depan