in , , ,

Stray: Simulasi Menjadi Kucing di Masa Depan

Stray Cover

Sejauh ini pada tahun 2022, sudah cukup banyak game dengan popularitas tinggi yang rilis dan menjadi favorit netizen. Elden Ring, diantaranya, dimana pemain harus melawan puluhan demi-god untuk menjadi Elden Lord. Lalu di Stray, pemain menjadi seekor kucing di dunia yang asing.

Annapurna Interactive baru pada bulan Juli 2022 merilis game terbaru mereka, Stray, sebuah game dimana pemain menjadi seekor kucing. Dengan setting di sebuah dunia distopia, pemain harus mencari jalan pulang.

Dari tombol yang didedikasikan untuk mengeong, kemampuan untuk mencakar-cakar furnitur, duduk dimanapun yang kita mau. Apakah Stray game yang sama serunya seperti konsepnya yang menarik? Berikut ulasan game Stray versi Dingo.

Sejarah Singkat

Stray Neon

Annapurna Interactive sejatinya adalah perusahaan game independen yang memiliki banyak game di katalog mereka. Banyak dari game ini adalah walking simulator, seperti What Remains of Edith Finch, Gone Home, dan Journey.

Beberapa game lainnya juga bisa dikategorikan sebagai game seni, dari Outer Wilds dan Twelve Minutes. Neon White adalah salah satu game terbaru mereka juga, sebuah game FPS fast-paced yang mengharuskan pemain parkour dan membunuh iblis yang menginvasi surga.

Annapurna Interactive sendiri memiliki sejarah lebih lama mempublikasikan game yang dikembangkan oleh developer lain. Tapi dalam beberapa tahun terakhir ini, mereka juga bergelut di pengembangan game.

Banyak game mereka juga memiliki kualitas yang cukup baik, diterima secara positif, dan untuk perusahaan independen, mereka juga cukup sukses.

Gameplay

Esensinya, Stray juga sebuah game seni, cukup identik dengan game-game seperti Outer Wilds, bahkan Little Nightmares. Walaupun tidak ada unsur horor dalam game ini, tapi ada beberapa seksi dimana pemain harus menghindari musuh.

Baca juga:  Review Twelve Minutes : Ketika Semuanya Terus Berulang

Dalam Stray, pemain harus memanjat, berjalan, dan mencari arah untuk mencapai tujuan berikutnya. Sebagai seekor kucing oren, pemain bisa mencapai banyak tempat yang tidak bisa dicapai manusia, memberikan sudut pandang yang cukup akurat bagi seekor kucing.

Stray pada dasarnya adalah game platformer yang mirip dengan game seperti Uncharted. Waypoint yang terlihat dalam game tidak terlalu menarik perhatian seperti yang ada di kebanyakan game modern. Tapi melalui desain game, pemain bisa dengan mudah menemukan jalan yang benar.

Setting

Stray City

Setting dari Stray adalah dunia futuristik, tapi banyak teknologi yang pemain temukan mirip dengan teknologi tahun 90-an. Gaya retro-futuristic ini memberikan Stray estetika yang cukup unik. Pemain bisa menemukan banyak robot yang juga penduduk kota, kamera dimana-mana di belantara beton.

Latar belakang distopia yang identik dengan Nineteen Eighty Four (1984), dimana seluruh gerak gerik kita diawasi. Itu juga ditambah dengan estetika post-apocalypse dimana tumbuh-tumbuhan menutupi dunia yang dahulunya gersang.

Kucing yang dikendalikan pemain juga sebenarnya sangat cerdas, seperti kucing-kucing yang bisa ditemukan di serial Love, Death, and Robots. Kucing-kucing dengan intelejensi tinggi, sehingga menggantikan manusia sebagai makhluk tercerdas di muka bumi.

Tingkat Kesulitan

Stray tidak terlalu sulit, platfroming yang cukup intuitif dan combat yang sebenarnya hanya mengharuskan pemain lari dari musuh. Selain itu, gameplay lainnya juga berkisar dari eksplorasi dan menyelesaikan puzzle.

Game ini bisa dikategorikan sebagai game yang kasual, sehingga tidak sulit untuk pemain yang bermain game untuk menghilangkan penat. Tutorial dan dunia juga tidak terlalu sulit untuk dipahami orang-orang yang jarang memainkan game.

Replayability

Stray mungkin tidak memiliki replayability yang tinggi, karena bersifat linear, pemain bisa saja menemukan dan menyelesaikan segala sesuatu sekali main. Tapi game ini bisa saja dimainkan untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Baca juga:  Download My Boy! - Emulator GBA Android!

Estetika retro-future yang menarik mungkin bisa menjadi daya tarik utama untuk pemain jika sudah selesai memainkan game unik ini.

Konklusi

Stray adalah game yang sangat mudah untuk dimainkan dan dengan konsep yang sangat unik, akan memiliki daya tarik yang berbeda. Akhir-akhir ini juga sudah jarang game yang memiliki karakter utama hewan dan memiliki sudut pandang yang unik.

Stray bisa dimainkan di PC melalui Steam, PlayStation 4, dan PlayStation 5.

Written by Roux

Leave a Reply

Diablo Immortal

Diablo Immortal: Strategi Bisnis yang Imoral

The Mortuary Assistant Cover

5 Game Horor Independen Yang Bikin Paranoid