in , ,

Shin Megami Tensei V – Sebelum Kamu Membeli

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli

Shin Megami Tensei siapa yang pernah mendengar nama game ini? Dingo yakin bahwa penggemar veteran JRPG pasti pernah mendengar judul game legendaris ini. Pada tahun 2021, Atlus mengumumkan judul terbaru mereka yaitu Shin Megami Tensei V.

Halo kawan kembali lagi bersama Dingo, kali ini kita akan membahas mengenai Shin Megami Tensei V yang segera di rilis pada tanggal 12 November 2021 nanti. Artikel ini akan membahas dengan detail mengenai informasi apa saja seputar game ini. Semoga artikel ini akan bermanfaat bagi kamu yang tertarik untuk membelinya ya 🙂

Sejarah Singkat

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Sejarah

Shin Megami Tensei V pertama kali di umumkan oleh Atlus pada tahun 2017 yang lalu. Game ini merupakan instalasi kelima dari seri JRPG Shin Megami Tensei yang sangat populer di Jepang oleh karena ceritanya yang berat dan sistem gameplay nya yang cukup unik.

Tidak seperti game JRPG lainnya, skill buff menjadi salah satu faktor yang penting untuk dapat memenangkan pertarungan dalam Shin Megami Tensei.

Setelah masa tenang yang cukup panjang tanpa informasi baru, Atlus kemudian mengumumkan bahwa game ini akan dirilis pada tanggal 11 November 2021 nanti di Jepang dan tanggal 12 November 2021 untuk seluruh dunia. Dan sama seperti beberapa judul sebelumnya, game ini hanya akan dirilis untuk console buatan Nintendo yaitu Nintendo Switch.

Gameplay Shin Megami Tensei V

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Gameplay

Untuk Gameplay, game ini masih mempertahankan system one turn base ala game Shin Megami Tensei yang lain. Dicampur dengan ekplorasi map dan merekruit demon secara acak ala Pokemon sebagai team party pemain.

Baca juga:  Elden Ring: Kembali ke Formula Sempurna

Dalam ekplorasi map, selain berkeliling dan bertarung melawan demon yang muncul. Eksplorasi masih akan dipengaruhi oleh Moon Phrase System, yang akan berdampak pada kekuatan musuh dan perekrutan demon.

Seperti yang ditulis sebelumnya, battle masih mempertahakan system one turn base dengan pemain hanya bisa membawa tiga demon dalam pertarungan.

Beberapa skill dalam game ini mengalami perubahan, serta terdapat tambahan status aligment baru bernama ‘Illusion‘ dan setelah pertarungan selesai para musuh yang dilawan akan menjatuhkan sebuah item bernama ‘Essence‘ yang dapat dipakai oleh karakter utama dan para demon yang di rekrut.

Update-an lain yang diberikan dalam game ini adalah Skill Potential, system sebenarnya mirip dengan sistem Skill Affinity Shin Megami Tensei IV Apocolypse namun lebih disempurnakan. Tapi, Skill Potential hanya bisa digunakan kepada karakter utama.

Sementara Dalam perekrutan demon disini dilakukan dengan cara bernegosiasi. Yep, pemain harus memilih jawaban yang tepat atau memberi sesuatu kepada demon agar mereka mau bergabung bersama pemain.

Mengikuti tradisi perilisan remake Shin Megami Tensei : Nocturn beberapa bulan yang lalu. Game ini merilis sebuah trailer pendek di kanal youtube official mereka, berisikan type demon yang akan muncul di game. Sampai artikel ini ditulis, terdapat 186 demon yang bisa pemain rekrut dalam permainan.

Terjebak di Dunia Asing

Selayaknya judul yang muncul dari seri ini, Shin Megami Tensei V kembali menghadirkan kisah peperangan antara manusia dan para dewa.

Kali ini kisah ini akan menceritakan tentang seorang pemuda berumur 17 tahun yang terdampar di sebuah dunia asing penuh dengan demon bernama ‘Da’at’, setelah sebuah gempa bumi besar terjadi di Jepang.

Baca juga:  Download Game Fatal Frame : Melawan Hantu dengan Kamera

Dalam usahanya untuk bertahan hidup dari serangan demon yang hendak memakannya. Pemuda itu tak sengaja bertemu dengan pria misterius Aogami. Oleh karena tawaran pria itu, mereka pun bersatu dan mengubah wujud sang pemuda menjadi sosok ‘Nahobino’.

Usut punya usut, ternyata pemuda itu tidak terjebak didunia tersebut sendirian. Terdapat beberapa manusia lain yang terjebak disana. Penasaran? Yuk simak pengalan singkat dari para karakter yang akan muncul di Shin Megami Tensei V :

Protagonist

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Protagonist

Pengisi suara : Cassey Mongillo (ENG)
Tokoh utama dari Shin Megami Tensei V, seorang pelajar SMA berumur 17 tahun yang terjebak di dunia bernama Da’at. Untuk bertahan hidup, ia terpaksa bersatu dengan seorang pria misterius bernama Aogami dan menjadi seorang Nahobino.

Mengikuti tradisi Shin Megami Tensei, nama dari tokoh utama dapat diubah oleh pemain begitu pula dengan reaksi yang ia sampaikan dalam sekmen convercation.

Aogami

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Aogami

Pengisi suara : Toshiyuki Morikawa (JPN), Daman Mills (ENG)
Seorang pria misterius yang sang protagonist temui saat ia nyaris tewas ditangan para demon yang mengejarnya. Ia pun bergabung dengan tubuh sang protagonist setelah pemuda itu menyetujui tawarannya agar bisa selamat dari Demon.

Tao Isonokami

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Tao

Pengisi suara : Saori Hayami (JPN), Jeannie Tirado (ENG)
Teman sekelas sang protagonist. Dia mengakui bahwa menyadari kehadiran demon didunia mereka semenjak kecil. Selain itu dia pun mengakui selama ini bekerja untuk Brethel, sebuah organisasi yang dibentuk untuk melawan demon.

Yuzuru Atsuta

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Yuzuru

Pengisi suara : Kaito Ishikawa (JPN), Mark Whitten (ENG)
Seorang anak penuh pretasi yang berasal dari sekolah yang sama dengan protagonist. Dia menerima ajakan untuk bergabung di Brethel setelah mengekplorasi Da’at sendirian.

Ichiro Dazai

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Ichiro

Pengisi suara : Kishou Taniyama (JPN), Stuart Allen (ENG)
Seorang siswa disekolah yang sama dengan protagonist yang hobi merekam. Sama seperti para kawan nya yang selamat di Da’at, ia bergabung dengan Brethel.

Baca juga:  Fire Emblem The Sacred Stones : Kisah Si Kembar Legendaris

Hayao Koshimizu

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Hayao

Pengisi suara : Kenjiro Tsuda(JPN), Sean Chrisen (ENG)
Kepala organisasi Brethel cabang Jepang dan juga berprofesi sebagai Perdana Mentri untuk Jepang. Sekilas, penampilannya cukup mirip dengan Aogami.

Miyazu Tasuta

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Miyazuki

Pengisi suara : Ryo Hirohashi(JPN), Ashlen Madden (ENG)
Adik dari Yuzuru dan keluarga satu satunya yang masih hidup, seorang gadis yang pendiam dan memiliki tubuh yang sakit sakitan.

Sahori Itsukishima

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Sahori

Pengisi suara : Lynn (JPN), Erika Lindbeck (ENG)
Teman satu sekolah dengan protagonist. Seorang gadis yang diculik oleh salah satu demon setelah penyerangan yang terjadi di SMA Jouin.

Sophia

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Sophia

Pengisi suara : Sayaka Kinoshita (JPN),
Seorang wanita misterius dan Sang pimpinan dari World of Shadow yang akan membantu mu untuk mengabungkan demon yang kamu dapat dalam Shin Megami Tensei V.

Shohei Yakumo

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Sohei

Pengisi suara : Tomokazu Sugita (JPN), Ben Lepley (ENG)
Seorang pria misterius lain dengan katana yang mengklaim akan membunuh semua demon dihadapannya. Ia berpetualang dengan demon bernama Nuwa.

Nuwa

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Nuwa

Pengisi suara : Ayana Taketatsu (JPN), Laura Post (ENG)
Demon yang berpenampilan sebagai seorang wanita muda. Nuwa mengklaim sudah berada disamping Shohei ia kecil.

Abdiel

Shin-Megami-Tensei-V-Sebelum-Kamu-Membeli-Abidel

Pengisi suara : Romi Park (JPN), Cissy Jones (ENG)
Arcangle kepeimpinan yang memimpin organisasi Brethel

Akhir Kata

Bagaimana? Semoga informasi yang Dingo tulis dalam artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan mu untuk membeli Shin Megami Tensei V.

Kalau menurut Dingo pribadi, Shin Megami Tensei V Layak untuk ditunggu kehadirannya apalagi jika kamu adalah penggemar berat game JRPG dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Atau game yang mengandut cerita yang sangat berat.

Akhir kata Dingo ucapkan sampai jumpa di artikel Dingo berikutnya ya 🙂

 

Written by Hifumint

I like games and cute thing.

Leave a Reply

Cyberpunk Cover

Cyberpunk 2077: Malapetaka Terbesar CD Projekt Red

GTA Cover

GTA The Trilogy: The Definitive Edition, Kembalinya 3 Game Klasik