in ,

Konosuba: Fantastic Days, Review Mobile Game

Konosuba Fantastic Days Pose

Konosuba: Fantastic Days adalah game adaptasi serial novel ringan dan anime Konosuba atau “Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!”. Game ponsel ini baru saja dirilis secara global pada tanggal 20 Agustus ini.

Game garapan Nexon ini sudah diumumkan akan dirilis secara global sejak November 2020 lalu, sebelumnya hanya eksklusif Jepang. Jika penggemar Konosuba ingin memainkan game ini, sebelumnya harus menggunakan aplikasi VPN agar bisa diunduh.

Sekarang Konosuba: Fantastic Days bisa diunduh dari PlayStore maupun AppStore. Setelah menunggu selama lebih dari 1 tahun, penggemar serial novel dan anime terkenal ini bisa memainkan gamenya juga.

Cerita Konosuba

Konosuba Fantastic Days Protagonists

Konosuba berasal dari serial novel ringan asal Jepang, yang pada tahun 2014 diadaptasi dalam manga, dan anime-nya pada tahun 2016. Serial ini menceritakan seorang pemuda pengangguran yang masuk ke dunia lain dan ditemani seorang dewi bernama Aqua.

Protagonis dari serial ini bernama Kazuma Sato, seorang NEET yang meninggal ketika mencoba menyelamatkan seorang siswi. Pada kenyataannya, siswi tersebut tidak dalam bahaya, dan Kazuma berakhir meninggal di rumah sakit karena shock.

Ketika dia meninggal, dia bertemu dengan seorang dewi bernama Aqua yang sangat merendahkan dirinya. Kazuma diberikan pilihan, dan dia memilih untuk ke dunia lain dan memaksa Aqua untuk ikut dengannya.

Konosuba mengikuti petualangan Kazuma dan teman-teman barunya di dunia lain ini. Diantaranya adalah dengan Megumin, seorang penyihir, dan Darkness, seorang petarung. Namun, sayang bagi Kazuma, karena teman-temannya sangat inkompeten.

Apa itu Konosuba: Fantastic Days?

Konosuba: Fantastic Days adalah game gacha yang mirip dengan Genshin Impact, Arknights, atau FGO. Menurut penulis, game ini sangat mirip dengan Granblue Fantasy, dari cara battle-nya, dan koleksi karakter-karakternya.

Baca juga:  Genshin Impact: Kontroversi miHoYo pada Ulang Tahun Genshin

Dalam game ini, pemain bisa mendapatkan dan memainkan Kazuma serta karakter-karakter lain yang ada dalam serial Konosuba. Banyak diantaranya yang tidak ada di adaptasi anime-nya, seperti Iris, Mia, dan Melissa.

Karena karakter dari serial ini yang cukup terbatas, maka kartu-kartu yang pemain bisa dapatkan adalah variasi dari karakter yang sama. Seperti Aqua ketika dia bekerja menjadi kuli bangunan, atau ketika dia sedang berburu monster di gunung salju.

Karakter

Konosuba Fantastic Days Cecily Church

Banyak karakter di Konosuba: Fantastic Days yang mungkin agak asing bagi pemain yang hanya menonton anime-nya. Beberapa karakter dalam game ini malah ada di serial novel ringannya, seperti Iris, yang merupakan seorang putri.

Karakter-karakter sampingan favorit juga muncul di game ini, seperti Chris si pencuri, Dust si petualang, dan Wiz si Lich yang juga penjaga toko. Karakter seperti Eris hanya tampil sebagai NPC yang akan memberikan konteks cerita pada pemain.

Hal lain yang perlu dinantikan oleh pemain adalah seluruh karakter yang memiliki dialog. Semua karakter memiliki dialog yang unik, contoh yang paling mudah adalah jika pemain menggunakan Aqua sebagai asisten dan tidak melakukan apa-apa, Aqua akan mulai mengeluh.

Tampilan dan artstyle

Konosuba Fantastic Days Chris Robber

UI dan tampilan karakter sangat menarik, semua karakter dalam game, kecuali ketika battle ada dalam bentuk Live2D. Animasi karakter-karakter ini juga sangat mulus, seolah karakter favorit penggemar seperti Aqua sedang berbicara dengan pemain melalui layar perangkatnya.

Tampilan layar game juga tidak terlihat kumuh, warna-warna dan ikonnya sangat menarik dan tidak membingungkan. Dalam layar home, tombol-tombol tidak terlalu berdempetan dan tidak merusak estetika game sendiri.

Artstyle game sangat mirip dengan anime dan film Konosuba, hampir tidak ada perubahan dalam desain karakter. Ditambah dengan teknologi Live2D, karakter-karakter dalam game terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Baca juga:  Behind The Frame: Sebuah Cerita Dibalik Lukisan

Cerita

Di Konosuba: Fantastic Days, cerita berhubungan erat dengan serial anime dan novel ringan. Bagi pemain yang hanya menonton anime dan filmnya, mungkin akan menemukan cerita-cerita baru yang sebelumnya tidak diungkit.

Penyampaian cerita tidak terlalu buruk, dan mungkin akan menjadi pengalaman yang cukup berbeda dari anime. Bagi pemain yang menggemari game ponsel atau visual novel mungkin akan menyukai cara penyampaian cerita ini.

Komedi dan karakterisasi dalam narasi cukup baik dari pengalaman penulis setelah beberapa jam memainkan game ini. Masih menceritakan pengalaman Kazuma menghadapi keanehan dari kelakuan teman-temannya.

Kesimpulan

Konosuba: Fantastic Days adalah game ponsel yang cukup menarik untuk dimainkan, terutama bagi penggemar serial Konosuba. Bagi pemain yang tidak pernah mengkonsumsi Konosuba, mungkin akan menjadi tertarik dengan serialnya.

Game-nya akan terasa sangat berat untuk dimainkan kebelakang, karena akan terasa sangat grindy. Pemain harus mengumpulkan banyak material untuk memperkuat karakter dan membuat senjata.

Namun, game ini sangat menarik untuk dimainkan hanya untuk menikmati dialog antarkarakter dan animasinya.

Written by Roux

Leave a Reply

When-The-Past-Was-Around-Sebuah-Kenangan-yang-Indah

When The Past Was Around : Kenangan yang Indah

4-Rekomendasi-Otoge-Datingsim-untuk-Smartphone

4 Rekomendasi Otoge Dating sim untuk Smartphone