in , ,

Download My Boy! – Emulator GBA Android!

Download-My-Boy-Emulator-GBA-Android

Hayo~ Siapa yang pernah mendengar Game Boy Advance atau GBA? Kangen atau penasaran dengan game yang dirilis pada console ini? Tapi agak keberatan dengan harga game yang ditawarkan di e-commerce lokal? Dingo ada solusinya : My Boy! – Emulator Game Boy Advance untuk smartphone!

Tidak bisa dipungkiri bahwa kepopuleran Game Boy Advance atau sering disingkat GBA sudah cukup melegendaris didunia para gamers. Meski sudah berhenti di produksi, salah satu handle console terbaik keluaran Nintendo ini tidak pernah habis di perbincangkan oleh para gamer di kancah dunia.

Di Indonesia, sebenarnya mesin Game Boy Advance cukup mudah untuk ditemui di e-commerce. Akan tetapi sepengalaman Dingo, agak sedikit sulit untuk menemukan cartridge game yang ingin dimainkan. Oleh karena masalah ini, tentu saja emulator game My Boy! adalah jawaban.

Yuk simak, ulasan singkat dari Dingo tentang emulator ini!

Sejarah Singkat Game Boy Advance

Download-My-Boy-Emulator-GBA-Download-My-Boy-Emulator-GBA-Android-Sejarah

GBA merupakan console yang dirilis pada tahun 2001 oleh perusahaan Nintendo, salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dalam dunia gaming saat ini. Game Boy Advance merupakan turunan dari anak emas Nintendo pada saat itu yang bernama Game Boy, sebuah handle game console yang legendaris.

Selain bentuk dan spesifikasinya, perbedaan utama Game Boy Advance dan Game Boy tentu saja terletak dalam grafis yang mereka tawarkan. Jika Game Boy memberikan grafis berwarna hitam putih, Game Boy Advance menampilkan grafis yang dipenuhi dengan warna.

Untuk koleksi game, Game Boy Advance dikenal memiliki beberapa judul lama yang sebelumya pernah dirilis dalam konsol lain seperti Final Fantasy V, Re-Make judul Pokemon pertama, Street Fighter, Thales Phantasia dan Phantasy Star.

Baca juga:  Ikuti Ninja Training di Fire Emblem Heroes!

Tapi Game Boy Advance juga memiliki beberapa judul original yang tak kalah menarik dan patut dicoba seperti Fire Emblem The Sacred Stone, Harvest moon : Friends of Mineral town dan Drill Dozen.

Sayangnya mereka masih memiliki kekurangan yang sama, layar di mesin mereka kurang terang sehingga susah untuk dilihat saat malam. Tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu tidak akan mengalami masalah ini jika mendownload My Boy! di smartphone kamu.

Meski begitu, Dingo pernah mendengar beberapa pendapat gamer yang menyatakan bahwa umur dari konsol ini terbilang cukup singkat. Karena pada tahun 2004, Nintendo merilis konsol game handle lainnya bernama Nintendo DS. Sehingga kesuksesan Game Boy Advance pun dibayang bayangi oleh Nintendo DS hingga akhir produksi pada tahun 2010.

System Requirement My Boy!

Download-My-Boy-Emulator-GBA-Android-System

Versi terakhir : 1.8.0.1
Update terakhir : 16 Maret 2019
Ukuran : 1.7 M
Versi Android : 4.0 keatas

Mengkutip informasi yang tercantumkan dalam halaman utama My Boy! dalam Google Play. Emulator GBA ini tentu saja bukan emulator resmi yang di setujui oleh Nintendo. Aplikasi ini diciptakan oleh sebuah perusahaan bernama Fast Emulator yang dalam halaman resmi mereka juga merilis emulator konsol game Nintendo lain untuk smartphone yaitu Game Boy.

Selain itu kamu juga tidak perlu menggunakan cadridge asli untuk bisa memainkan game dalam aplikasi ini. Kamu bisa mengunduh file ROM gamenya secara digital dan menyimpannya dalam smartphone mu atau menyimpannya dalam memory card. Benar, aplikasi ini bisa membaca memory card untuk menyimpan dan mengambil game dari sana.

Sayangnya saat mengali informasi lebih dalam lagi dalam halaman review mereka. Nampaknya proyek pengembangan aplikasi emulator ini sedang tidak berjalan saat ini. Karena tidak ada informasi baru apalagi update dari pengembang. Sehingga kemungkinan bugs atau masalah baru dari aplikasi ini bisa saja tidak tertangani. Mari kita berdoa semoga Fast Emulator akan kembali mengembangkan aplikasi ini ya~

Baca juga:  Cyberbang 2069 (18+) Demo - First Impression!

Download, Pasang dan Mainkan!

Download-My-Boy-Emulator-GBA-Android-Download

Terdapat dua versi dari aplikasi My Boy! yang satu versi gratis dan yang satu nya lagi berbayar. Perbedaan dari dua versi aplikasi emulator GBA ini tentu saja dari fitur yang mereka tawarkan dan kehadiran ads atau iklan dalam aplikasi

Meski dikatakan terdapat beberapa fitur dari aplikasi ini tidak dapat digunakan dan munculnya iklan. Selama Dingo menggunakan versi gratisnya selama satu bulan lebih, Dingo tidak menemukan sesuatu yang menyebalkan selama bermain. Fitur fast foward nya dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada namanya pop out ads yang muncul tiba tiba atau diharuskan untuk Dingo tonton di tengah permainan.

Tapi jika kamu berniat untuk membelinya pun tidak masalah. Harga My Boy! versi berbayar pun tidak terlalu mahal, saat artikel ini ditulis harga My Boy! hanya tercatat sebesar 68k saja. Cukup murah bukan?

Aplikasi ini juga cukup ringan. Dari informasi yang Dingo kumpulkan pula, beberapa smartphone dengan spesifikasi kentang pun dapat menjalankan aplikasi ini dengan mudah tanpa mandet.

Untuk game yang bisa dimainkan seperti GBA yang asli, emulator ini dapat memainkan game dari segala macam region yang berbeda. dengan kata lain emulator ini tidak region lock! Sejauh ini Dingo sudah mencoba beberapa game untuk dimainkan dalam game ini dan sejauh ini tidak ada m

Satu hal lainnya yang Dingo suka dalam aplikasi ini adalah kamu bisa mengubah interface nya dengan mudah. Kamu bisa memainkan game nya secara potrait atau landscape, kamu bisa mengubah ukuran dan tata letak button dalam aplikasi mu sesuai yang kamu ingkan. Dalam versi landscape, kamu bahkan bisa membuat tampilan visualnya menjadi 100% dalam layar ponselmu.

Baca juga:  Fire Emblem The Sacred Stones : Kisah Si Kembar Legendaris

Memang sih, menurut kawan Dingo menggunakan aplikasi ini dalam bentuk potrait menimbulkan rasa nostalgia tersendiri. Tapi Dingo sih lebih suka memainkan game nya secara landscape saja, selain karena lebih nyaman menggengam ponsel Dingo dengan posisi seperti ini. Alasan lainnya adalah karena ukuran visual game yang dimunculkan dalam bentuk potrait terlampau kecil dan kurang nyaman untuk dilihat.

Satu hal lagi, jika kamu ingin merasakan nostalgia dari Game Boy Advance sesungguhnya. Aplikasi ini juga dapat berfungsi pada aksesories smatrphone bernama Smartboy Hyperskin, yang meniru bagian controler button mesin Game Boy Advance yang asli dan memiliki slot belakang yang dapat dipasang cadridge sehingga kamu masih bisa memainkan game asli gameboy.

Tapi dari review yang Dingo dapatkan, beberapa pemain merasa tidak nyaman ketika menggunakan controler ini karena sering kali muncul notifikasi warning ketika dipasang dan malah mempersulit mereka bermain karena memblokade setengah layar smartphone yang menampilkan menu utama dari My Boy!

Akhir Kata

Sayangnya bagi pengguna Iphone sampai berita ini diturunkan, masih belum ada versi emulator My Boy! dapat dimainkan dalam Iphone.

Untuk smartphone Android, My Boy! dapat di unduh secara gratis pada playstore. Tapi seperti yang disinggung sebelumnya karena gratisan, terdapat beberapa fitur yang tidak bisa digunakan dalam aplikasi tersebut.

Semoga informasi ini membantu kamu ya! Selamat bermain ^^)/ sampai jumpa di artikel Dingo berikutnya~

Written by Hifumint

I like games and cute thing.

Leave a Reply

GTA Cover 2

GTA Trilogy Definitive Edition Review: Sebuah Pelajaran Mahal

Bright Memory Infinite Cover

Bright Memory Infinite Review: Mengembangkan dengan Cinta