in

Spoiler! 4 Plot Twist Terbaik dalam Resident Evil

Spoiler-4-Plot-Twist-Terbaik-dalam-Resident-Evil

Plot Twist adalah sebuah bumbu alam cerita yang selalu di nantikan kan? Karena bagian ini selalu menjadi bagian iconic dalam sebuah cerita karena efek nya kepada penonton. Dikesempatan kali ini, mari kita simak lima plot twist terbaik dalam Resident Evil. 

Resident Evil merupakan salah satu seri game survival horror yang terus berkembang dan tidak memiliki tanda tanda untuk berhenti. Belakangan ini, semenjak judul utama ke tujuhnya dirilis Capcom terus memanjakan para fans dengan judul judul lainnya. Mulai dari Remake dari game ke dua dan ketiga, sampai beberapa spin off title non-canon.

Salah satu faktor yang menjadi selling point game ini merupakan plot yang mereka tawarkan. Selayaknya game horror buatan Jepang lain, seri ini memiliki cerita yang begitu detail dan menyerakan. Tentu saja Plot Twist menjadi salah satu bumbu didalam, dan hari ini Dingo akan membahas mengenai plot twist Resident Evil favorit Dingo.

Sebelum kita mulai, informasi yang Dingo sampaikan dalam game ini tidak berurut dan mengandung spoiler berat. Jadi hati hati ya gengs.

Kematian di Bawah Laut

Spoiler-4-Plot-Twist-Terbaik-dalam-Resident-Evil-Kematian

Resident Evil 6 merupakan judul yang memacu reaksi keras dari beberapa kalangan fans. Akan tetapi hari ini kita tidak akan membahas mengenai kontroversi yang bergelut dalam game yang satu itu. Kita akan membahas mengenai plot yang terkandung didalamnya.

Perlu di akui, cerita dalam game ini begitu kompleks karena menyajikan tujuh karakter utama sekaligus dengan masing masing petualangan mereka dalam cerita yang dibagi menjadi empat jalan cerita yang dapat dipilih yang disebut Campaign. Salah satu karakter utama dalam game ini adalah protagonist pertama kita, Chris Redfield yang ditemani oleh partner barunya bernama Piers Nivans.

Dalam Campaign Chris inilah Plot Twist nya terjadi, yaitu kematian Piers yang terjadi setelah boss battle dibawah laut. Memang mungkin kalian berfikir, kenapa ini menjadi sebuah plot twist terbesar untuk Dingo?

Baca juga:  Game Demake : Apa itu Demake?

Karena pada saat itu, tepatnya sepanjang campaign milik Chris berlangsung. Dingo menangkap sang penulis sekenrio game ini seakan ingin menuliskan Chris, yang semakin agresif akibat trauma berat yang dialaminya, untuk segera ”diberhentikan” dalam petualangan melawan B.O.W dan akan digantikan oleh sosok Piers. Yang secara visual dan pembawaan cukup mirip dengan sang veteran.

Ternyata yang terjadi adalah, petualangannya dalam game ini merupakan babak baru dari petualangan Chris Redfield yang memutuskan untuk terus melawan Bioterorrism yang tak kunjung usai. Semangat Pak Chris!

Sang Nenek di Kursi Roda

Spoiler-4-Plot-Twist-Terbaik-dalam-Resident-Evil-Sang-Nenek

Bisa dikatakan, Resident Evil VII Biohazard merupakan angin segar dalam seri ini. Selain merubah gameplay menjadi First Person View seperti game horror indie kebanyakan. Mereka juga menghadirkan karakter utama yang memiliki latar belakang sebagai orang sipil yang tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam pelatihan bersenjata selayaknya karakter utama yang lain.

Seri pertama dari duology “Tragedy of Ethan Winters” yang lebih fokus dalam horror ini menceritakan perjalanan Ethan Winters mencari istrinya yang dipercayai telah tiada kesebuah rumah ditengah perkebunan. Disinilah dia bertemu dengan Satu Keluarga Baker yang sangat agresif.

Selain kenyataan bahwa Keluarga Baker hanyalah korban dari senjata biologis bernama Mold yang nyasar kerumah mereka. Plot Twist lain dari game ini adalah sosok Nenek di kursi roda, yang ternyata bukan anggota keluarga asli keluarga Baker. Namun sang senjata biologis sendiri yang disebut sebagai “Evelyn” dan menghantui Ethan Winters yang juga terinfeksi dalam pikirannya.

Oleh akibat eksperimen yang diterimanya, tubuh sosok Evelyn didunia nyata mengalami pertumbuhan yang lebih cepat. Sehingga ia tampil sebagai Nenek renta di rumah keluarga Baker ketimbang sosok aslinya yaitu seorang gadis kecil.

Baca juga:  5 Kontroversi Terbesar Jagat Gaming pada Tahun 2021

Identitas yang Hilang

Spoiler-4-Plot-Twist-Terbaik-dalam-Resident-Evil-Identitas

Resident Evil Survivor bisa dibilang adalah “anak tiri” dalam lore canon Resident Evil oleh karena eksekusi gameplay-nya yang kurang disukai oleh para fans (dan Dingo sendiri) karena terlalu kaku sebagai First Person Shooter. Ini patut disayangkan, padahal kisah yang diangkat oleh game ini cukup menarik.

Menceritakan petualangan seorang pria yang mengalami amnesia yang terbangun diantara puing kecelakaan helikopter di sebuah pulau yang dipenuhi oleh zombie dan B.O.W. Dalam petulangannya dia menemukan bahwa dia adalah seorang pegawai Umbrella yang kejam bernama Vincent Goldman. Yang juga bertanggung jawab sebagai penyebab peristiwa outbreak di pulau yang sedang di tempatinya.

Merasa bersalah dan ingin menebus dosa nya, pria itu memutuskan untuk menolong dan melindungi dua anak yang ditemuinya. Tapi, plot twist! Ternyata “Vincent Goldman” bukanlah identitas asli sang protagonist kita! Tetapi Ark Thompson, seorang private detective dan kawan lama Leon S Kennedy yang menerima permintaan kawannya untuk menginvesitasi Umbrella di pulau tersebut.

Kecelakaan yang dialaminya diawal permainan adalah saat dia berusaha kabur dari Vincent Goldman yang asli. Karena sang antagonis memergoki Ark yang sedang mengumpulkan barang bukti tentang eksperimen yang dilakukan perusahaan Umbrella didalam pabrik yang berdiri di pulau tersebut.

Menurut Dingo, plot ini merupakan plot yang cukup kreatif dan berbeda dari plot dari seri Resident Evil yang pernah dirilis meski memiliki eksekusi yang kurang baik. Dan meskipun identitas Canon telah dikantongi oleh game ini, Capcom tidak pernah menggali tokoh Ark Thomson lagi.

Dua Kapal Kembar

Spoiler-4-Plot-Twist-Terbaik-dalam-Resident-Evil-Dua

Resident Evil Revelation merupakan canon spin off yang dirilis pada tahun 2012. Seri ini  merupakan game yang terbilang unik, karena berbeda dari game Resident Evil lainnya Revelation memiliki cukup banyak karakter yang terlibat dalam plot utama. Ini disebabkan karena sang Director game ini sengaja merancang seri Revelation seperti serial tv amerika.

Baca juga:  Cyberpunk 2077: Malapetaka Terbesar CD Projekt Red

Karena cerita ini cukup berfokus kedalam misteri yang mengajak pemain ikut menjadi detektif dengan menerka nerka siapa yang menjadi sosok yang bertanggung jawab atas rentetan kejadian didalam game, tidak mengherankan cukup banya Plot Twist yang terjadi di game ini. Tapi ada satu Plot twist yang menjadi favorit Dingo yaitu : Kapal yang menjadi latar dari game ini.

Yups, kisah dimulai dengan Jill Valentine dengan partner barunya Parker Luciani mengunjungi sebuah kapal di tengah lautan bernama Queen Zenobia untuk menyelamatkan Chris Redfield dan partner nya saat itu Jessica Sherawat. Setelah rangkatan plot twist yang terjadi, yang salah satunya adalah kenyataan bahwa Chris dan partnernya tidak berada di kapal tersebut dan Jill telah dijebak. Tibalah saatnya kita harus menyelamatkan Jill dan Parker dengan Chris dan Jessica.

Cerita kembali dimulai dengan Chris dan Jessica mulai menyusuri kapal. Ketika map yang memandu mereka menunjukkan bahwa mereka telah sampai di titik dimana tempat Jill dan Parker sedang ditahan. Mereka tidak menemukan siapapun disana. Ternyata, tempat dimana Chris dan Jessica sampai adalah Queen Semiramis, saudara kembar kapal Queen Zenobia yang juga digunakan oleh tokoh Antagonist untuk mempermainkan BSAA.

Jujur memainkan sesi saat Chris berusaha mengejar tempat Jill yang sedang dalam bahaya membuat Dingo kalang kabut. Kenyataan bahwa terdapat dua kapal kembar ini memberikan Shock Factor yang cukup besar untuk Dingo sehingga bagian ini masuk kedalam list Dingo sebagai salah satu plot twist terbaik.

Akhir Kata

Yup, dengan ini berakhirlah informasi yang Dingo bagikan mengenai plot twist terbaik dalam game Resident Evil. Semoga kalian suka ya dengan informasi yang Dingo bagikan. Akhir kata semoga kalian sehat selalu dan jangan lupa untuk menunaikan tanggung jawab di sela sela kegiatan main game. Sampai jumpa~~

Written by Hifumint

I like games and cute thing.

Leave a Reply

Best Girl Cover

Inilah 5 Cewek Terkeren di Gaming versi Dingo

Gaming Controversies Cover

5 Kontroversi Terbesar Jagat Gaming pada Tahun 2021