in , ,

Game Manajemen yang Bisa Buat Pemain Pusing

Timberborn Cover

Game manajemen memiliki daya tarik unik. Pemain harus mengatur SDA, manusia, hingga pola kerja. Bahkan ada beberapa game yang menuntut pemain untuk micromanage seluruh unsur dalam game.

Tentu game-game ini bukanlah untuk semua orang. Game pada umumnya adalah medium untuk pemain bersantai, namun game-game ini memerlukan kemampuan berpikir stratejik. Itupun jika pemain ingin segala sesuatu berjalan mulus.

Berikut adalah 5 game yang bisa membuat pemain pusing versi Dingo. Seluruh game ini bisa didapatkan di marketplace Steam, sehingga sangat mudah untuk diakses oleh banyak orang.

Idol Manager

Idol Manager Cover

Idol Manager mungkin salah satu game favorit penulis. Menempatkan pemain pada posisi seorang manager dari perusahaan idol di Jepang, pemain harus melakukan banyak hal untuk mencapai level internasional.

Pertama-tama yang dilakukan oleh pemain adalah untuk merekrut talenta. Untuk melakukan ini, pemain harus menyelenggarakan audisi agar talenta bisa menunjukkan kebolehannya dan bisa direkrut.

Tahap pertama tersebut juga bisa mengandung beberapa jebakan. Diantaranya adalah, pemain dengan talenta banyak dan rating yang tinggi cenderung akan meminta gaji yang sangat besar. Sudah sewajarnya hal ini terjadi, seperti halnya di dunia nyata.

Selain talenta, pemain lalu merekrut beberapa staff lainnya. Seperti, pemasar, coach, dan sound engineer, semua hal ini bisa dilakukan oleh manager ketika baru memulai. Tetapi hal ini akan menjadi sulit ketika pemain merekrut talenta yang lebih banyak dan ingin kualitas yang lebih tinggi.

Manajemen uang bukanlah hal yang mudah dilakukan, baik di dunia nyata maupun di dalam game. Dan di Idol Manager, manajemen keuangan dalam game adalah tantangan terbesar sepanjang game. Ancaman bangkrut akan terus mengikuti pemain walaupun sudah menjadi perusahaan besar.

Baca juga:  Spoiler! 4 Plot Twist Terbaik dalam Resident Evil

Oxygen Not Included

Oxygen Not Included Cover

Oxygen Not Included adalah game yang dikembangkan oleh Klei Entertainment, perusahaan yang juga membuat Don’t Starve. Cukup mirip dengan Don’t Starve, Oxygen Not Included memiliki gaya seni 2D yang cukup unik.

Yang membedakan game ini dengan game survival lainnya adalah, Oxygen Not Included mengharuskan pemain secara konservatif. Selain itu, micromanagement adalah yang perlu dilakukan oleh pemain agar tidak terjadi masalah kebelakangnya.

Ada banyak faktor yang bisa merusak koloni pemain di asteroid-asteroid ini, yang paling utama adalah, seperti judul game, oksigen. Oksigen sangat dibutuhkan, namun pemain juga harus mengawasi penggunaan oksigen dalam koloni mereka.

Ketika membuat sebuah mesin atau generator, maka akan menimbulkan polusi, sehingga bisa merusak kualitas oksigen. Nantinya kualitas oksigen yang buruk ini bisa disrupsi pekerjaan lainnya, demotivasi anggota koloni, dan juga bisa membunuh mereka.

Membuat koloni yang self-sustaining atau mampu menutupi seluruh kebutuhan sendiri bukanlah hal yang mudah. Jika hal ini bisa dicapai pemain, maka berhati-hatilah karena bisa saja hal yang sangat kecil bisa merusak seluruh ekosistem.

Timberborn

Timberborn Cover

Sebuah game koloni lain, namun yang membuat Timberborn cukup unik adalah anggota koloni yang terdiri dari berang-berang yang cerdas. Pada saat penulisan, Timberborn masih dalam tahap early access, sehingga hanya ada dua pilihan fraksi untuk saat ini.

Seperti koloni di dunia nyata maupun di dalam game, koloni berang-berang Timberborn juga ada banyak kebutuhan. Mulai dari makanan, air bersih, hiburan, serta penjadwalan pekerjaan mereka harus diatur.

Ancaman terbesar dalam game ini bukanlah predator atau fraksi lain yang ingin menghancurkan koloni pemain, melainkan cuaca. Beberapa hari sekali setiap siklus 1 bulan dalam game, koloni akan melalui musim kemarau yang akan membuat sumber air kering.

Baca juga:  The Devil In Me diumumkan oleh Bandai Namco!

Air adalah elemen terpenting dalam Timberborn, sumber kehidupan, sumber energi untuk turbin air, dan digunakan juga agar tanaman tidak mati. Dengan tantangan tersebut, pemain harus mencari cara untuk preservasi air sehingga koloni tidak mati.

Satisfactory

Satisfactory Cover

Satisfactory sedikit berbeda dari game-game lain yang ada di artikel ini. Yang paling membedakan adalah adanya otomasi sehingga bisa membantu pekerjaan pemain untuk menyelesaikan tugas mereka.

Ketika awal bermain, Satisfactory akan terasa cukup sulit untuk dimainkan. Pemain hanya dibekali pengejut listrik untuk melindungi diri sendiri dan alat untuk membuat bangunan. Bangunan bisa dibuat secara instan, namun bahan bangunannya harus dikumpulkan secara manual.

Jika sudah bermain selama beberapa waktu, pemain akan mendapatkan banyak fasilitas baru yang akan mempermudah pekerjaan. Selang beberapa jam, pemain bisa mengumpulkan bahan baku secara otomatis melalui mesin.

Untuk mendapatkan energi pemain bisa menggunakan beberapa cara, seperti membakar bahan organik, batu bara, minyak, hingga tenaga nuklir. Untuk membangun pembangkit listrik batu bara, pemain hanya perlu membuat tambang batu bara, pompa air, lalu dihubungkan ke pembangkit listrik.

Lalu yang membuat Satisfactory cukup sulit adalah menjaga keseimbangan pemakaian listrik, produksi, pembangunan, dan sumber daya mentah. Diatas semua itu, yang terpenting adalah mencapai output semaksimal mungkin dengan input seefektif mungkin.

Frostpunk

Frostpunk Cover

Ketika peradaban bumi sudah berakhir dan kini seluruh planet tertutup oleh salju dan es abadi, pemain harus membuat banyak pilihan sulit. Dalam Frostpunk, pemain harus mengatur sebuah komunitas setelah dunia hancur karena perubahan iklim.

Setiap komunitas memiliki pusat berupa pemanas raksasa yang akan terus memakan bahan bakar. Tentu di akhir dunia, bahan bakar akan sulit didapatkan, dan ini adalah tantangan terbesar pemain.

Baca juga:  Doki Doki Literature Club Plus: Bahas Horor

Pemain harus menggunakan bahan bakar seefektif mungkin agar penduduk koloni tidak mati kedinginan. Selain itu, pemain juga harus mengatur pekerjaan setiap penduduk, bahkan di skenario tertentu, termasuk anak-anak.

Pilihan-pilihan sulit harus dihadapi pemain, seperti menggunakan anak-anak dan orang tua sebagai tenaga kerja. Memutilasi orang-orang yang mengalami kecelakaan, membiarkan orang-orang sakit mati atau coba untuk mengobati mereka, dan pilihan sulit lainnya.

Frostpunk adalah game manajemen yang juga menguji moralitas pemain, dan pada akhir cerita semua pilihan akan membuahkan hasil. Baik itu akhir cerita yang positif maupun negatif, sebelum akhir itu, pemain harus melawan dingin yang mematikan terlebih dahulu.

Written by Roux

Leave a Reply

Review-Au-Delà-Berhati-hatilah-Dalam-Gelap

Review Au-Delà – Berhati-hatilah Dalam Gelap!

Tiny Tinas Wonderlands Cover

Tiny Tina’s Wonderlands: Fantasi dan Senjata Api