in

No Man’s Sky: Penebusan Dosa Sebuah Perusahaan Game

NMS Base

No Man’s Sky, atau yang sering disingkat menjadi NMS adalah game garapan Hello Games. Perusahaan game asal Inggris dirilis pada tahun 2016 mendapatkan hype yang luar biasa, namun semua itu menghilang ketika gamenya keluar.

Sejarah singkat mengenai Hello Games, perusahaan independen yang bermarkas di Cambridge, Inggris ini didirikan oleh seorang mantan developer untuk Electronic Arts, Sean Murray. Perusahaan yang mempekerjakan sekitar 26 orang pada tahun 2020 ini, didirikan pada tahun 2008.

Tim Indie dengan impian besar

NMS Joe Danger

Sejak Hello Games berdiri hingga tahun 2014, mereka sudah merilis 3 game. Game pertama mereka berjudul Joe Danger, yang bisa ditemukan di Steam, PlayStore, dan AppStore.

Dalam game ini pemain berperan sebagai Joe Danger, seorang stuntman yang harus melalui rintangan menggunakan sepeda motornya.

Selama beberapa tahun kemudian, Hello Games mengeluarkan 2 sekuel dari Joe Danger, berjudul Joe Danger 2: The Movie, dan Joe Danger Infinity. Kedua game ini juga memiliki gameplay yang mirip dengan Joe Danger.

Diantara tahun 2014 dan 2016, Hello Games diberikan peluang oleh Sony untuk merilis game mereka di PSN Store. Hello Games kini diminta untuk membuat game yang memiliki skala yang lebih besar ketimbang portofolio mereka.

Dalam periode inilah, ide No Man’s Sky lahir, dan Hello Games memulai kampanye pemasaran mereka untuk mempromosikan rilis game mereka pada tahun 2016.

No Man’s Sky

NMS Explore

No Man’s Sky dirilis pada Agustus 2016, setelah bertahun-tahun menunggu, penggemar akhirnya bisa memainkan game ini, namun hanya disambut dengan kekecewaan.

Baca juga:  Interview Cosplayer: MM Earlene, Sang Dosen Cosplayer

Dalam kampanye pemasaran NMS, Sean Murray, pendiri Hello Games, diundang ke banyak acara talkshow. Disana dia menggunakan kesempatan itu untuk menjelaskan NMS.

Yang dikatakan oleh Murray ternyata berbeda jauh dengan hasil akhir yang pemain temukan di dalam game. Diantara yang dijanjikan adalah pertempuran di luar angkasa, multiplayer, dan perang antar fraksi.

Semua yang dijanjikan itu tidak bisa ditemukan di dalam game. Di NMS pada saat rilis, pemain hanya bisa mengumpulkan material dari planet ke planet. Cerita yang sangat membosankan, dan bug dalam jumlah banyak.

Jika memainkan NMS di PS4 dahulu, pemain bisa mendapati crash dan terlempar kembali ke Home. Ada rumor bahwa NMS bisa menyebabkan BSOD pada PC, dan kerusakan lainnya.

NMS bisa diibaratkan sebagai lautan yang sangat luas, namun hanya sedalam kolam renang anak-anak. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemain, namun hal tersebut tidak akan menghasilkan hal-hal lain yang lebih besar.

Ekspektasi yang terlalu tinggi

Hal ini terjadi karena ekspektasi pada Hello Games yang terlalu besar. Mereka pada dasarnya diminta untuk menciptakan sebuah alam semesta baru, hanya dengan tim sebesar 26 orang.

Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan Murray untuk memasarkan gamenya. Dia bukanlah seorang marketer. Sebelum mendirikan Hello Games, Murray adalah seorang teknisi game.

Pembawaan Murray juga tidak seperti orang yang mampu berbicara di depan publik, dia adalah seorang introvert yang cinta akan membuat game.

Semua game yang melibatkan dirinya memiliki hasil yang sangat bagus dan diterima secara positif oleh kebanyakan pemain.

Sebagai perbandingan, game yang dirilis dengan skala yang sama pada tahun 2016 adalah Uncharted 4, XCOM 2, Overwatch, dan Persona 5.

Baca juga:  The Devil In Me diumumkan oleh Bandai Namco!

Game-game ini adalah garapan Sony, Firaxis, Blizzard, dan Atlus, perusahaan game yang mempekerjakan ratusan hingga ribuan karyawan. Perusahaan juga terbagi atas banyak divisi dengan kewajiban masing-masing.

Si kecil yang gigih

Pada tahun 2021 Hello Games akan merilis game baru mereka The Last Campfire, yang bisa dimainkan di PS4 dan Steam. Disisi lain, mereka juga masih melakukan update untuk No Man’s Sky.

Semenjak rilis 2016, NMS secara rutin mendapatkan update, semua ini untuk memperbaiki game mereka dan melengkapi fitur-fitur yang sebelumnya dijanjikan oleh Murray.

Kini pemain bisa bermain dengan teman dalam Multiplayer Mode, memilih fraksi dalam game, mengganti jenis kapal luar angkasa mereka, membeli freighter, dan banyak lagi.

Ini semua dikarenakan Murray dan timnya di Hello Games yang walaupun selama ini tidak tampil begitu banyak di media.

Selama ini, Hello Games gigih mencoba untuk memperbaiki dan melengkapi game mereka.

Sekarang No Man’s Sky dikenal sebagai No Man’s Sky Beyond. Ini menandakan mereka sudah melampaui masa lalu mereka dan menuju masa depan yang lebih baik.

Masa depan No Man’s Sky

NMS Organic Ship

Hingga kini NMS Beyond masih mendapatkan update untuk menambah fitur-fitur dalam game.

Diantara fitur yang paling baru adalah kapal organik, dimana pemain bisa menemukan telur yang nantinya akan menetas dan menjadi kapal luar angkasa.

Berbeda dengan kapal mekanik, kapal organik tidak memerlukan bahan bakar untuk bisa bekerja, tapi harus diberi makan, layaknya seekor hewan peliharaan.

Pemain bisa menemukan planet yang hanya terdiri dari air, sehingga mengharuskan mereka untuk membuat kapal selam. Jika ingin, pemain juga bisa membuat markas bawah air di planet-planet ini.

Baca juga:  Inscryption Review: Lebih Dari Sebuah Game Kartu

Kesimpulan

No Man’s Sky Beyond patut dimainkan untuk penggemar game survival dan fiksi ilmiah. Jika pemain memiliki waktu luang yang cukup banyak dan ada teman yang bisa diajak bermain, maka No Man’s Sky Beyond adalah game yang sempurna untuk dimainkan bersama.

Written by Roux

Leave a Reply

World Flipper Title

World Flipper: Review Game Pinball Smartphone

Cloud Meadow Poster

Cloud Meadow: Game Simulasi Ternak Monster 18+