Video Game

Review Samurai Warriors 5: Sajian Baru Legenda Oda Nobunaga

Gamer mana yang tidak pernah mendengar seri Warrior dari Koei Tecmo? Apalagi Samurai Warriors? Game yang mengangkat sejarah pahlawan sejarah dari Jepang ini sudah cukup lama melintang di kancah game. Baru baru ini Koei Tecmo merilis judul terbarunya yaitu Samurai Warriors 5. 

Samurai Warriors 5 seperti namanya merupakan main installment dari seri Samurai Warriors, sebuah hack and slash game legendaris yang di produksi oleh Koei Tecmo. Game ini baru dirilis diluar Jepang pada tanggal, 27 Juli 2021.

Kali ini Samurai Warriors 5 dirilis untuk segala platform modern yaitu PS4, XBOX ONE, Nintendo Switch dan PC. Kali ini Dingo akan membahas Samurai Warriors 5 di platform PC yang bisa kamu dapatkan di steam.

Oda Nobunaga, si bodoh dari Owari

Tidak seperti game Samurai Warriors utama yang lain, cerita dalam game ini hanya berfokus pada kisah sejarah sang Oda Nobunaga dalam perjalanannya menjadi sang Daimyo yang ditakuti di era Sengoku.

Meski dalam judul kali ini fans lama kembali di manjakan dengan kehadiran para tokoh yang baru. Agak mengecewakan ketika mengetahui terdapat banyak karakter legendaris dari judul sebelumnya yang tidak di hadirkan kembali oleh Koei Tecmo dalam game ini.

Selain itu, beberapa penokohan dan desain karakter yang muncul kembali dalam game ini pun mendapatkan perubahan drastis karena menyesuaikan dengan kisah asli sejarah mereka. Meski alasannya bisa Dingo pahami. Tetapi sebagai fans lama, Dingo jadi merasa kurang familiar dengan kehadiran mereka.

Cerita Samurai Warriors 5 utama disajikan dalam dua chapter utama yang bercerita dari perspektif Oda Nobunaga atau Mitsuhide Akechi di Musou Mode.

Selain itu terdapat dua mode lain yaitu Special Scenario yang menceritakan sisi karakter lain yang muncul dalam kisah Nobunaga dan Secret History yang menyajikan kisah alternatif dari chapter utama.

Secara garis besar menurut Dingo, meski terdapat beberapa perubahan besar yang membuat Dingo merasa asing. Cerita dari game ini cukup bisa dinikmati meski terdapat beberapa plot hole.

Hancurkan Musuh dengan Pasukan mu!

Samurai Warrriors 5 masih mempertahankan gameplay legendaris mereka. Serta mekanik yang ada sejak Samurai Warriors 3 seperti adanya shop untuk membeli item yang bisa digunakan dalam bertarung, dojo untuk mengubah perlengkapan dan menambah stat karakter, blacksmith untuk meng-upgrade senjata, dan stable untuk membeli kuda.

Selain itu, mekanik lainnya yang kembali hadir dalam game ini adalah mengubah karakter dalam battlefield yang sebelumnya hadir dari Samurai Warrior Chronicles dan 4.

Dalam medan perang di Musou Mode selain tujuannya menghabisi lawan sebanyak mungkin dan menghabisi boss. Terdapat beberapa misi yang harus pemain selesaikan. Misi ini juga terbagi menjadi dua, misi sesuai dengan alur cerita dan misi yang tersembunyi yang disebut bonus mission, misi ini biasa nya akan muncul ketika pemain berkeliling di medan perang. Menyelesaikan misi ini akan memberikan pemain dengan bonus senjata.

Free Mode pun masih ada di judul kali ini. Akan tetapi Free Mode sekarang hanya bisa diakses dari Musou Mode, tepatnya di stage yang sudah kamu selesaikan dan terdapat beberapa karakter yang tidak bisa kamu pilih.

Selain diatas, terdapat beberapa penambahan yang akan Dingo bahas beberapa dibawah ini.

Weapon and Clone Moveset

Kali ini, Samurai Warriors 5 mengimplementasikan clone move set yang Dingo tau banyak tidak disukai oleh para fans Warrior.

Selain clone moveset, sama seperti judul Dynasty Warriors terbaru setiap karakter bisa memakai senjata dari karakter lainnya. Dalam game vanilla Samurai Warriors 5 ada 12 jenis senjata yang bisa kamu gunakan.

Dalam game ini, satu karakter hanya bisa membawa satu senjata. Mungkin karena pemain bisa mengubah karakter dalam battlefield.

Berbeda dari Dynasty Warriors, semua karakter harus menaikan compability karakter mereka dengan senjata yang ingin digunakan. Semakin tinggi compability nya, semakin karakter itu bisa menggunakan senjata yang kuat.

Terakhir sama seperti judul sebelah, setiap karakter memiliki satu senjata spesial yang memiliki bonus move set bagi pemakainya. Senjata ini dinamakan sebagai ‘prefer weapon‘.

Dingo sendiri juga kurang menyukai clone move set karena mengurangi ke unikan karakter yang dimainkan. Kekecewaaan Dingo lain adalah bagaimana karakter selain Nobunaga dan Mitsuhide, tidak memiliki ‘prefer weapon‘ lebih dari satu seperti mereka.

Padahal menurut Dingo jika karakter lain memiliki unlockable prefer weapon masing masing. Mungkin bisa sedikit menyenangkan karean kita bisa memiliki unlockable lain selain stage.

Character Grown

Selain menaikan level untuk menaikan stat karakter. Dalam game ini terdapat sebuah sistem Acquire Skill, sistem ini harus dilengkapi dari skill point untuk menambah kekuatan karakter. Melihat visual ini, Dingo jadi sedikit ingat dengan sistem Constellation di Genshin Impact.

Citadel Mode

Tidak seperti game Samurai Warriors sebelumnya yang sering menghadirkan edit mode, yang mana pemain bisa menggunakan karakter buatan mereka sendiri untuk bermain. Kali ini developer menghadirkan Citadel Mode, sebuah mode dimana terdapat misi untuk melindungi sebuah kastil dan menyelesaikan beberapa misi yang muncul.

Lalu jika di Musou Mode pemain bisa menggunakan item untuk heal atau menaikan stat, dalam Citadel Mode sistem item diganti dengan summon troops, dimana pemain bisa memanggil pasukan kecil untuk membantu mereka menyerang musuh.

Seperti Lukisan Jepang Zaman Dahuhlu!

Selain cerita Koei Tecmo juga benar benar merombak visual dari Samurai Warriors 5. Mereka memberikan garis garis tebal sebagai shading di model 3D karakter yang memberikan kesan bahwa tiap karakter digambar menggunakan kuas. Bagian terakhir musou pun dibuat selayaknya sebuah artwork, yang menurut Dingo keren sekali.

Musik pun masih mempertahankan kesan rock yang di campur dengan instrumen Jepang jaman dahulu. Yang menemani keseruan pemain menghabisi tentara musuh.

Mengesampingkan gameplay, musik dan visual yang bagus. Dingo sedikit risih oleh satu hal yaitu terdapat cukup banyak kesalahan translasi di game ini. Jika kamu yang memahami Bahasa Jepang atau memahami sejarah zaman Sengoku mungkin sedikit merasa sedikit gemas karena banyaknya kesalahan translasi.

Kesimpulan

Dapat dilihat bahwa Koei Tecmo benar benar merombak abis game legendaris mereka baik dari segi cerita, visual bahkan gameplay.

Meski menurut Dingo pribadi, perombakan khususnya dalam segi cerita ini lebih cocok di pakai sebagai side game seperti Samurai Warriors : Sanada Maru ketimbang sebagai judul utama. Oleh sebab banyak sekali hal yang membuat Dingo sebagai fans lama merasa asing.

Tapi untuk para kalian yang baru ingin mencicipi seri Samurai Warriors. Kalian bisa sekali mencicipi game ini sebagai game pertama kalian di seri ini.

Bagi kalian yang tertarik untuk memainkan game ini di PC, seperti biasa game ini dapat di beli di situs Steam berikut dengan DLC spesial yang mereka tawarkan yaitu kostum lama dari Oda Nobunaga. Akhir kata Dingo ucapkan, selamat mencoba 🙂

Kelebihan :
+ Mengimplementasikan beberapa sistem yang baru.
+ Cerita yang disajikan cukup rapi.

Kekurangan :
– Karakter yang kurang familiar untuk para fans lama.
– Munculnya Clone Move set.
Terjemahan yang sedikit meleset.

Hifumint

I like games and cute thing.

Recent Posts

5 Game Horor Independen Yang Bikin Paranoid

Beberapa tahun terakhir, jagat gaming sangat kekurangan game horor Triple A yang berkualitas tinggi. Game terakhir yang…

2 years ago

Stray: Simulasi Menjadi Kucing di Masa Depan

Sejauh ini pada tahun 2022, sudah cukup banyak game dengan popularitas tinggi yang rilis dan…

2 years ago

Diablo Immortal: Strategi Bisnis yang Imoral

Diablo Immortal adalah salah satu game terbaru buatan Activision Blizzard, sebuah perusahaan game raksasa asal…

2 years ago

Crypto and NFT Games: Bisnis, Judi, dan Permainan

Dewasa ini, apapun yang memiliki unsur crypto dan yang bersangkutan dengan blockchain menjadi marak. Dan,…

2 years ago

Xbox Gamepass: Sebuah Surga Gaming PC

Gamepass dahulu adalah layanan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna Xbox di luar negeri. Menyajikan…

2 years ago

Review V Rising: Menjadi Vampir di Dunia Baru

Genre base building dan open world survival adalah salah satu genre game terlama sepanjang sejarah. Yang…

2 years ago