in , , , ,

Indonesia Kaya dengan Kopi yang Unik

Beberapa tahun belakangan kopi lagi banyak dijadikan bahan pembicaraan ya. Bahkan jika Dingo runut, kayaknya kopi sudah menjadi gaya hidup di beberapa kalangan. Ada beberapa orang-orang yang mempelajari kopi seperti mempelajari hidup. Mulai dari mempelajari jenis-jenis kopi, cara membuat kopi, atau bahkan mungkin ada yang menjadikan kopi layaknya makanan pokok setiap hari, hampir mengalahkan nasi. Hal ini juga didukung dengan munculnya berbagai coffee shop yang mulai dari kelas warkop sampe café-café fancy yang segelas kopinya sampai puluhan ribu. Jadi hampir semua orang mudah untuk menjangkau kopi dan menikmatinya di tempat pilihan mereka masing-masing. Kopi yang menjadi gaya hidup di Indonesia, juga didukung dengan keadaan alam Indonesia sendiri. Seperti yang kita tahu, tanah nusantara kita memang kaya dengan kekayaan alam. Nah, ternyata keadaan tanah Indonesia sendiri emang layaknya berjodoh dengan kopi. Letak geografisnya serta struktur tanah Indonesia yang menjadi sebab musabab kopi sangat bisa untuk tumbuh di tanah Indonesia. Sehingga dari tanah Indonesia sendiri melahirkan berbagai macam jenis kopi yang uniknya  di tiap daerah memiliki khas rasanya masing-masing. Nah, berikut ini beberapa jenis kopi Indonesia dengan penjelasannya masing-masing.

Kopi Aceh Gayo

Via: www.get-acehcoffee.blogspot.co.id

Wah kalo kopi ini sih udah sangat terkenal dimana-mana. Rata-rata kalau ada orang yang sedang punya perlu ke Aceh, pasti dititipin kopi ini sama kerabatnya yang suka sama kopi. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Rasanya cukup pahit, tapi aroma kopi Gayo ini yang bikin nikmat setiap kita minum.

Baca juga:  Topi Baret Kekinian Masih Eksis, Yuk Intip Inspirasi dari Para Selebritis Ini!

Kopi Bali Kintamani

Via: www.disiniajatempatnya.com

Kopi Bali Kintamani cukup unik nih, karena memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar, jauh berbeda dengan jenis kopi yang lain. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Kopi jenis ini menggunakan sistem ‘tumpang sari’ bersama dengan jenis tanaman lain. Sehingga rasanya nikmat dan lembut. Keunikanya tersebut di dapat dari letak geografisnya yang unik juga.

Kopi Flores Bajawa

Via: www.bukalapak.com

Kopi Flores Bajawa adalah kopi yang berasal dari Kabupaten Ngada. Kopi ini tumbuh di dataran Flores yang subur meskipun dikelilingi oleh pegunungan yang masih aktif maupun tidak. Karena hal tersebut, membuat tanah yang kena abu fulkanik itu cocok buat ditanami kopi. Nah, kayak kopi Bali tadi, Kopi ini memiliki sedikit aroma buah dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Unik kan?

Kopi Jawa

Via: www.bisniskeuangan.kompas.com

Sebenarnya, kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dari segi cita rasa dan aroma, tetapi ada beberapa penikmat yang sangat ketagihan kopi ini karena aroma tipis rempah yang dihasikan. Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah. Itu jugalah yang membuat cita rasanya tidak terlalu kuat tapi punya aroma rempah yang nikmat.

Nah, demikian beberapa jenis kopi di nusantara. Jadi kamu sudah coba yang mana nih?

Avatar

Written by Redaksi Dingo

Tinggalkan Balasan

Ketika Tugas Kita Terasa Berat…

Salut! Kontestan Miss Universe Ini Berikan Gaun Kepada Remaja yang Tidak Mampu Membeli Gaun Prom