PC Game

GTA The Trilogy: The Definitive Edition, Kembalinya 3 Game Klasik

Grand Theft Auto atau sering dikenal dengan nama GTA adalah game garapan Rockstar Games sejak tahun 1997. Sejak dahulu, serial game ini tidak terlepas dari kontroversi baik dari kritik dan penggemar sekalipun.

Pada tahun 2021, Rockstar Games mengumumkan mereka akan merilis game baru yang terdiri dari 3 game klasik mereka. Diantaranya adalah GTA III, GTA: Vice City, serta GTA: San Andreas, yang dijanjikan akan memiliki grafik dan sistem seperti GTA V.

Sejarah singkat GTA

GTA adalah game garapan Rockstar Games yang sangat dikomersialkan. Menempatkan pemain di posisi seorang kriminal, pemain harus menyelesaikan misi yang diberikan oleh bos kriminal, kepala geng, bahkan badan pemerintah yang korup.

GTA III

GTA III adalah game Grand Theft Auto pertama yang menggunakan gambar 3 dimensi. Sebelumnya game ke 3 ini, pemain GTA hanya bisa melihat karakter dari atas dalam latar 2D.

Pemain mengendalikan Claude, seorang kriminal yang ingin membalaskan dendamnya pada mantan kekasihnya. Claude dikhianati oleh kekasihnya ketika mereka mencoba untuk merampok sebuah bank.

Claude lalu bekerja untuk menjadi kriminal yang dikenal di Liberty City, hingga pada akhir game, dia diburu oleh banyak anggota geng Liberty City.

GTA: Vice City

GTA: Vice City atau sering disingkat menjadi Vice City atau VC, bisa disebut sebagai game GTA yang paling memicu nostalgia. Dengan latar tahun 80an, Vice City mengambil banyak inspirasi dari film-film era tersebut.

Film yang dijadikan inspirasi diantaranya adalah Scarface, Godfather, Easy Rider, dan Miami Vice. Game ini sangat cocok bagi penggemar film bertema kriminal era 80an.

GTA: San Andreas

GTA: San Andreas mungkin adalah game GTA yang paling terkenal dan banyak orang paling kenal. Game ini juga dijadikan dasar GTA V, diantaranya adalah peta serta sistem RPG yang juga diimplementasi.

San Andreas atau SA, menjadi game GTA pertama yang mengimplementasi sistem kostumisasi karakter. Pemain bisa merubah penampilan CJ, baik dari pakaiannya, hingga ukuran tubuh, serta massa ototnya.

Pemain menggunakan CJ, seorang anggota geng yang berbasis di Los Santos. CJ dikhianati oleh anggota geng lamanya sehingga dia memilih untuk mencari dan membunuh teman-teman lamanya satu per satu.

Apa yang bisa dinantikan

Konon, GTA The Trilogy: The Definitive Edition akan dirilis dalam 1 game yang berisi 3 seri GTA yang berbeda. Seperti halnya Episodes from Liberty City, pemain bisa memilih game apa yang mereka ingin mainkan.

Yang dijanjikan Rockstar Games, game ini akan memiliki grafik serta menggunakan engine setara dengan GTA V. Terutama jika menggunakan PC, maka kualitas grafik serta gameplay akan lebih baik.

Pemain bisa kembali lagi ke Liberty City, Vice City, dan Los Santos, bermain sebagai Claude, Tommy, maupun CJ.

Konklusi

Walaupun sangat mengundang dan menarik, pemain dan penggemar lama serial GTA harus tetap waspada pada saat GTA Trilogy ini rilis.

Dikarenakan sejarah Rockstar yang cenderung eksploitatif dan lebih memfokuskan diri pada konten online.

Harapan kebanyakan penggemar adalah agar dalam Definitive Edition, game ini tidak hanya saja terlihat menarik secara grafis, tetapi juga dalam konten yang disajikan.

GTA The Trilogy: The Definitive Edition akan dirilis pada 11 November 2021. Game ini bisa dimainkan di PS4, PS5, XBOX One Series X, PC, dan Nintendo Switch.

Roux

View Comments

Recent Posts

5 Game Horor Independen Yang Bikin Paranoid

Beberapa tahun terakhir, jagat gaming sangat kekurangan game horor Triple A yang berkualitas tinggi. Game terakhir yang…

2 years ago

Stray: Simulasi Menjadi Kucing di Masa Depan

Sejauh ini pada tahun 2022, sudah cukup banyak game dengan popularitas tinggi yang rilis dan…

2 years ago

Diablo Immortal: Strategi Bisnis yang Imoral

Diablo Immortal adalah salah satu game terbaru buatan Activision Blizzard, sebuah perusahaan game raksasa asal…

2 years ago

Crypto and NFT Games: Bisnis, Judi, dan Permainan

Dewasa ini, apapun yang memiliki unsur crypto dan yang bersangkutan dengan blockchain menjadi marak. Dan,…

2 years ago

Xbox Gamepass: Sebuah Surga Gaming PC

Gamepass dahulu adalah layanan yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna Xbox di luar negeri. Menyajikan…

2 years ago

Review V Rising: Menjadi Vampir di Dunia Baru

Genre base building dan open world survival adalah salah satu genre game terlama sepanjang sejarah. Yang…

2 years ago